News

Know about market updates

Hari raya Nyepi di Bali tanpa internet

Hari raya nyepi di tahun ini jatuh pada tanggal 17 Maret 2018, namun Tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya dimana tanpa jaringan internet.

Dimana Sejumlah majelis agama dan tokoh masyarakat menerbitkan imbauan kepada operator seluler untuk menghentikan layanan pada Hari Raya Nyepi yang jatuh pada Sabtu (17/3/2018). Dalam imbauan tersebut, penyedia jasa jaringan seluler tidak beroperasi mulai Sabtu (17/3/2018) pukul 06.00 Wita sampai dengan Minggu (18/3/2018) pukul 06.00 Wita.

Larangan tersebut adalah salah satu dari delapan imbauan yang disampaikan elemen masyarakat Bali dalam menghadapi perayaan Hari Nyepi.  Dimana himbauan untuk menghentikan layanan operator seluler merupakan kesepakatan dari berbagai unsur masyarakat.  Bukan hanya PHDI, imbauan ini juga adalah kesepakatan dari seluruh majelis agama, perwakilan pemerintah, pihak keamanan dan tokoh masyarakat.

2 Hal yang menjadi pertimbangan hingga keputusan ini diterbitkan adalah Pertama, untuk menjaga kekhusukan selama menjalankan tapa berata penyepian. Salah satu pantangan saat Nyei adalah amati Lelanguan atau tidak bersenang-senang. Biar umat lebih fokus dan bisa menjalani amati Lelanguan.

Alasan kedua, menurut Sudiana, adalah demi keamanan. Belajar dari pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, gesekan antar-masyarakat terjadi akibat informasi di media sosial. Sebagai contoh di Tahun lalu diman ada kejadian pecalang mengamankan warga, tapi di media sosial informasinya malah dipelintir akhirnya jadi ribut .

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *